LiputanKU.com - Balap motor 2-tak masih punya penggemarnya sendiri dan tidak kalah pamor dengan kejuaraan balap motor 4-tak.

Tengok saja balapan scooterprix beberapa lalu di sirkuit karting Sentul yang mampu menyedot ribuan penonton dan banyaknya tim balap yang mendaftar. Ini belum termasuk kejuaran balap RX-King dan sebagainya.

Animo yang cukup besar tersebut mendorong penyelenggara event Indoclub Championship, untuk membuka kelas Super Pro (RX King) dan Underbone Bebek 2tak s/d 125cc.

"Kalau kita lihat balapan motor 2-tak cukup banyak mengundang animo penonton maupun perserta. Selain itu karena saya berangkat dari komunitas, ada permintaan dari teman-teman komunitas untuk menyelenggarakan balapan 2-tak, makanya kita buka kelas ini," kata Deny Wajonk selaku Event Director dalam jumpa pers di J-Sky Ferris Wheel di AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (8/2).

Kejuaraan Indoclub Championship 2018 sendiri merupakan hajat Club D Motorsport yang bekerjasama dengan Padepokan Cornering. Total 18 kelas akan dilombakan sepanjang 4 putaran gelaran Indoclub.

Menurut Deny, memasuki tahun kedua, Indoclub Championship dikemas dengan lebih menarik. Bukan hanya di Sirkuit Gokart Sentul Bogor, Jawa Barat, namun di musim balap 2018, Indoclub Championship juga akan digelar di beberapa kota di Indonesia.

"Indoclub Championship selalu menelurkan kelas utama yang terus bertambah dengan hadiah yang juga terus bertambah. Konsep kita menghadirkan balapan murah dengan hadiah menarik," terang Deny.

Selain hadiah uang pembinaan, penyelenggara juga memberikan bonus sepeda motor pada setiap putarannya di kelas utama.

Untuk jumlah putarannya sendiri di tahun 2018 ini lebih banyak jika dibandingkan dengan musim 2017 lalu. Keempatnya akan dihelat secara bergilir di Sirkuit Gokart Sentul (Bogor), Jawa Tengah, Jawa Barat dan seri penutupnya kembali ke Sirkuit Gokart Sentul.

"Kenapa kita tambah putaranya di tahun 2018 ini, karena biar kita bisa silaturahmi ke kota-kota lainnya dan menyuguhkan pertarungan menarik para pebalap papan atas untuk para para penonton," tukad Deny.

Memang, dari pengalaman tahun lalu, setiap putaran Indoclub Championship selalu dipadati ratusan starter dan ribuan penonton. Gebrakan baru pun bakal diracik oleh Deny untuk lebih memuaskan para pebalap dan penonton.

"Tentunya dengan kemasan yang lebih meriah dan lebih entertainment. Terlepas dari packaging yang terbilang wah, kualitas event juga pasti lebih ditingkatkan lagi," beber Deny.

Seperti tahun lalu, kelas utama yang dipertandingkan di gelaran Indoclub Championship memang memberikan warna tersendiri. Kompetisi para pebalap di kelas bergengsi pun kian sengit yang juga semakin memberikan tontonan menarik untuk para pengunjung sirkuit.

Indoclub Championship 2018 juga tak lepas dari visi misinya untuk terus menelurkan pebalap-pebalap baru sebagai regenerasi. Untuk itu, balapan MiniGP kembali dihadirkan.

"Dengan dibukanya kelas MiniGP ini memang tujuannya untuk pembibitan dan penjenjangan agar kedepannya terus lahir pebalap-pebalap muda di Indonesia yang mempunyai skill dan talenta. Harapannya kelak mereka bisa menjadi pebalap yang bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional," jelas Denny.

Indoclub Championship 2018 juga semakin meriah dengan hadirnya para sponsor seperti FDR, NHK, Diton Premium, Kawahara, J-Sky Ferris Wheel, Lenka MiniGP, WRC, Tugu Mandiri, Indomaret, Lulu Kid’s, CLD Racing, Merburg’s, Ichi Ocha, dan Evalube.