Liputanku.com - Jakarta Tahukah anda kalau setiap tanggal 1 Mei itu adalah hari buruh ? atau yang lebih dikenal dengan istilah MAY DAY. Sebuah sejarah panjang perjuangan kelas pada saat itu dimana ketimpangan ekonomi dan sosial sangat jauh dirasakan oleh para buruh.

"Makanan setiap hari yang kita makan, pakaian setiap hari yg kita pakai. adalah hasil buah tangan para buruh dan itu tidak terbantahkan"

Sumbangsih para buruh untuk kita sungguh luar biasa dari mulai sopir, petani, karyawan pabrik dengan berbagai keahlian mereka sumbangkan untuk kita. 

Selain pekerja keras mereka salah satu pembayar pajak yang taat untuk membangun negara ini. Untuk para pengelola pajak khususnya yang duduk di birokrat alangkah bersyukur nya mendapat fasilitas dan gaji dari pajak rakyat. Dari tetesan keringat buruhlah Indonesia bisa membangun jalannya perekonomian.

Tuntutan selama ini yang mereka perjuangkan sangat sederhana, tidak mencari kekayaan ataupun mengumpulkan pundi-pundi saham di berbagai perusahaan, mereka sebagai kaum buruh hanya meminta keadilan untuk melangsungkan kehidupan kedepan, sinergitas pelaku usaha dan buruh perlahan sudah berjalan untuk saling membutuhkan. Salah satu contoh beberapa karyawan di perusahaan PT. Mitra Jaya pertiwi yang berlokasi di kabupaten kampar Provinsi Riau.

Perusahaan yang bergerak dibidang pengangkutan Limbah B3. Sangat mengutamakan untuk karyawannya. Khususnya untuk kesejahteraan, kesehatan dan keselamatan para karyawan saat dilapangan dalam hal kerja.

Tentunya ini patut diapresiasi oleh semua pihak. Akan tetapi disatu sisi perusahaan tersebut masih terhambat prihal izin usaha nya. Tentunya ini merugikan para buruh di mau day ini.

Presiden Jokowi tak henti-hentinya memberikan pengarahan kepada semua sektoral yang menangani hal perizinan usaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan menghambat dan memperlambat izin usaha. Karena semua tau pertumbuhan ekonomi dimulai dari para pelaku usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan buat masyarakat.

Jangan korbankan buruh atas kebijakan regulasi ini. Berilah pelayanan yang cepat dan akurat terhadap proses semua izin usaha. 

Hidup Buruh Indonesia

 
Endo kosasih